10 Fakta Universal Mengenai Sharingan Yang Perlu Kamu Tahu

Sharingan


Sharingan merupakan dōjutsu kekkei genkai dari klan Uchiha yang muncul secara selektif diantara anggota klan. Sharingan dalam bahasa inggris diterjemahkan sebagai "Mirror Wheel Eye" yang dalam bahasa Indonesia secara harfiah dapat diartikan sebagai "Mata Roda Penyalin" berkaitan dengan bentuk dan kemampuan mata ini. Mata Sharingan ini juga termasuk dalam salah satu dari San Daidōjutsu (Tiga Besar Dōjutsu) bersama tehnik mata lain yaitu Byakugan dan Rinnegan. Lalu apa saja fakta universal (umum) dari Borutonesia mengenai mata sharingan yang perlu kamu tahu? Berikut ini ulasannya.

1. Resiko Penggunaan Sharingan


Ethernal Mangekyou Sharingan

Sharingan memang dojutsu yang luar biasa namun memiliki sebuah resiko yang besar pula. Semakin sering digunakan, maka "cahaya" mata Sharingan akan semakin meredup sehingga akan tiba sebuah titik dimana pengguna Sharingan akan merasa penglihatannya mulai kabur dan akhirnya akan mengalami kebutaan. Hanya ada satu cara untuk mengatasi resiko ini yaitu dengan mencangkokkan Sharingan dari saudara kandung untuk mendapat Ethernal Mangekyou Sharingan yang memiliki "cahaya" abadi.

2. Hubungan Sharingan Dengan Kutukan Kebencian


Kekuatan Sharingan dianggap berhubungan dengan Kutukan Kebencian yang menjadi sebuah berkah sekaligus kutukan. Dimana saat seorang Uchiha merasakan emosi kuat terhadap seseorang, seperti cinta dan persahabatan, kondisi stres atau emosional akibat kehilangan orang yang berharga yang menyebabkan otak mereka melepaskan bentuk khusus dari chakra yang kemudian mempengaruhi saraf optik dan mengubah mata mereka menjadi Sharingan.

3. Jumlah Tomoe Pertama Saat Sharingan Bangkit


Sharingan

Saat Sharingan pertama kali dibangkitkan oleh penggunanya, mereka memiliki jumlah tomoe bervariasi yang terletak sekitar pupil pusat. Setelah diaktifkan untuk pertama kali, Sharingan dapat digunakan secara bebas, meskipun terdapat kemungkinan bahwa Uchiha tersebut kehilangan memori kemampuan cara mengaktifkannya dan tidak mengaktifkannya sampai dia belajar melalui pengaktifan secara tidak sengaja.

4. Sharingan Pasukan Boneka Sasori


Dalam anime, dua dari seratus pasukan boneka milik Sasori, terlihat mereka memiliki mata Sharingan, belum jelas ini kesalahan studio atau memang ada maksud bahwa memang Sasori sengaja membuat boneka bermata Sharingan masuk dalam pasukan bonekanya itu.

5. Sharingan Bersinar Dalam Kegelapan


Sharingan

Dari beberapa karakter telah mengungkapkan bahwa dojutsu ini rupanya "bersinar" dalam kegelapan. Sebagai contoh, dalam ingatan Kisame Aoba menemukan bahwa ada seseorang yang mengendalikan Mizukage, mata orang tersebut bersinar dengan warna merah serta bentuknya yang unik dan kisame langsung mengenalinya sebagai Sharingan.


6. Sharingan Mampu Bergerak Memutar


Sesuai dengan namanya "Mata Roda Penyalin", Sharingan dan bentuk turunannya telah menunjukkan kemampuan untuk berputar saat digunakan yang pernah beberapa kalk ditunjukkan seperti saat Madara bertarung dengan Hashirama, Sharingannya berulangkali berputar untuk mengikuti berbagai serangan cepat tehnik Mokuton Hashirama selama pertarungan mereka.

7. Pengorbanan Pengguna Sharingan


Sharingan

Untuk mencapai tingkat lebih lanjut dari Sharingan diperlukan pengorbanan besar yang harus dilakukan oleh penggunanya. Seperti untuk mendapat mata Mangekyou Sharingan pengguna harus membunuh sahabatnya atau pengguna harus merasa tertekan akibat perasaan bertanggung jawab terhadap kematian temannya itu. Seperti Itachi yang merasa bertanggung jawab atas kematian Shisui meskipun dia tidak membunuhnya.

8. Keturunan Pengguna Sharingan Dan Byakugan


Masashi Kishimoto menyatakan dalam Buku Data Ketiga bahwa jika terdapat pengguna Sharingan dan Byakugan menikah dan memiliki keturunan. Maka anak-anak mereka akan memiliki dua jenis dojutsu, yaitu masing-masing satu mata Byakugan dan satu mata Sharingan.


9. Orang Non-Uchiha Pertama Yang Memiliki Sharingan


Sharingan

Kakashi Hatake adalah orang non-Uchiha pertama yang diketahui memiliki Sharingan yang membuatnya juga mendapat julukan "Kakashi no Sharinga". Dan mata Sharingan tersebut diberi oleh Obito Uchiha sebagai hadiah menjadi Jonin ketika Obito ada batu besar yang menimpa setengah badan kanannya yang membuat Obito berhenti berharap bisa selamat.

10. Kemampuan Dasar Pengguna Sharingan


Saat mata Sharingan berkembang melalui banyak latihan, kemampuan penglihatan saat mengaktifkan sharingan pemgguna akan ikut meningkat. Sebagai contoh, pengguna setidaknya dapat menyalin seluruh gerakan tangan menggunakan satu tomoe, kemudian memprediksi pergerakan seseorang dan menyalin teknik yang digunakan lawan menggunakan dua tomoe.


Itulah tadi 10 Fakta universal (umum) dari Borutonesia mengenai mata sharingan yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat..

Click to comment