14 Fakta Rahasia Klan Uchiha Yang Jarang Disadari Oleh Navers

Sharingan dan Uchiha


Klan Uchiha adalah salah satu dari empat klan bangsawan yang ada di Konohagakure, meeka terkenal sebagai yang klan terkuat di desa karena memiliki Sharingan dan kecakapan alami dalam pertempuran. Klan Uchiha banyak melahirkan shinobi hebat seperti Madara dan Sasuke. Klan Uchiha sangat populer di kalangan para fans Naruto. Namunmasih ada beberapa fakta rahasia Klan Uchiha yang tidak banyak diketahui oleh fans Naruto, apa saja itu? berikut ini pembahasannya:


1. Asal Kata Uchiha Dan Makna Di Baliknya


Sharingan dan Uchiha

Kata "Uchiha" sebenarnya merupakan cara lain untuk mengucapkan "uchiwa " (団扇, kipas kertas ), yang merupakan simbol Klan Uchiha. Hal ini memiliki sebuah filosofi bahwa Uchiwa dapat digunakan untuk mengipas api, yang akan membuat api semakin panas yang juga mengacu pada fakta bahwa Uchiha adalah klan pengguna Elemen Api.


2. Garis Darah Klan Uchiha Ke Hagoromo


Sharingan dan Uchiha

Klan Uchiha dianggap keturunan Indra Ōtsutsuki yang merupakan putra sulung Hagoromo. Indra sendiri mewarisi kekuatan maga sang Petapa, chakra kuat serta energi spiritual. Klan Uchiha menjadi bagian dari apa yang disebut "Kutukan Kebencian " yang pertama kali diperlihatkan oleh nenek moyang mereka - Indra -.


3. Emosi Kuat: Cinta Dan Kebencian Seorang Uchiha


Uchiha memiliki sifat alami untuk menjadi tunduk terhadap emosi kuat yag mereka rasakan. Emosi kuat ini biasanya bermula dari cinta yang sangat mendalam kepada seorang teman atau anggota keluarga yang justri kemudian menjadi kebencian yang kuat ketika orang-orang yang mereka cintai telah tiada. Hal itu pula yang memicu otak menghasilkan pola unik pada mata mereka yang biasa disebut Sharingan seperti apa yang telah dijelaskan Tobirama Senju.


4. Sejarah Klan Uchiha Sebagai Klan Terkuat Di Masa Lalu


Sharingan dan Uchiha

Klan Uchiha adalah klan terkuat terkuat dalam sejarah, mereka selalu unggul dalam pertarungan selama Periode Perang Antar Negara karena mereka memiliki chakra besar dan mata Sharingan yang sangat ditakuti. Hanya Klan Senju yang mampu berdiri tegar menghadapi Klan Uchiha. Hal itu membuat Senju menjadi rival terkuat dari Klan Uchiha. Ketika salah satu negara menyewa Uchiha dalam perang, pihak lain akan menyewa Senju. Peperangan terus-menerus antar kedua klan ini membuat mereka semakin saling membenci.

5. Kekuatan Seorang Uchiha Yang Paling Menakutkan


Sharingan dan Uchiha

Klan Uchiha yang menjadi sangat ditakuti karena mereka memiliki dōjutsu kekkei genkai yaitu Sharingan. Seorang Uchiha dapat menggunakan Sharingan mereka untuk melihat aliran chakra, melemparkan berbagai jenis genjutsu, dan yang paling hebat mereka mampu menyalin segel tangan dan jutsu lawan. Sharingan dianggap sebagai suatu kemampuan serbaguna yang membuat banyak ninja lebih baik memilih melarikan diri daripada harus menghadapi seorang Uchiha dalam pertempuran satu lawan satu.

6. Pengisolasian Klan Uchiha Dari Urusan Desa


Setelah menjadi pelopor pembentukan Desa Konoha bersama Senju puluhan tahun lalu, Uchiha justru tumbuh semakin terisolasi dari urusan desa semenjak masa kepemimpinan Tobirama. Masa kepemimpinan Hiruzen juga tak banyak berubah dimana Uchiha selalu dipandang buruk oleh warga desa, yang terus terjadi hingga masa Kejatuhan Klan Uchiha yang menyisakan hanya beberapa Uchiha yang bertahan hingga hari ini.

7. Rencana Kudeta Uchiha Akibat Kebijakan Desa


Pengisolasian Uchiha dan pandangan buruk warga Konoha terhadap Uchiha semenjak kepemimpinan Hokage Kedua membuat mereka merasa tidak nyaman dan terhina. Hingga di masa kepemimpinan Fugaku Uchiha, Uchiha mulai merancang rencana kudeta untuk menggulingkan Pemerintahan Hokage Ketiga. Mereka kemudkam menempatkan beberapa anggota mereka secara strategis ke dalam pasukan Anbu sebagai mata-mata, tetapi ada beberapa di antara mereka sangat tidak setuju dan menganggap kudeta Uchiha hanya akan memulai perang dunia.

8. Malam Berdarah Kejatuhan Uchiha


Sharingan dan Uchiha

Setelah merasa berbagai upaya menghentikan kudeta Uchiha menemui jalan buntu Itachi memilih menghabisi seluruh anggota klannya. Dalam satu malam, Itachi dibantu Tobi menghabisi seluruh anggota Klan Uchiha dengan menyisakan Sasuke, bahkan Itachi memilih mengambil tanggung jawab membunuh orang tuanya sendiri. Setelah kejadian tersebut Itachi bergabung dengan Akatsuki dan menyembunyikan keterlibatan Konoha dan fakta bahwa dirinya telah melakukannya demi keselamatan Sasuke dan dianggap ninja buronan.

9. Pakaian Standar Bagi Setiap Anggota Klan Uchiha


Seorang Uchiha biasanya selalu memakai pakaian berkerah tinggi dengan simbol klan yang mereka banggakan terpampang di bagian belakang. Selama Periode Perang Antar Negara, para Uchiha menolak untuk mengenakan baju besi yang menutupi bagian tubuh belakang mereka sebab mereka merasa sangat bangga menampilkan simbol klan mereka. Awalnya pakaian mereka terdiri dari mantel berwarna gelap dan celana, kemudian berubah menjadi kemeja sederhana dan celana.


10. Budaya Dan Gaya Bertarung Klan Uchiha


Setiap anggota Klan Uchiha dilahirkan memiliki hubungan alamiah dengan elemen api. Bahkan seorang anak dari Klan Uchiha tidak akan benar-benar dianggap dewasa sampai mereka berhasil dapat melakukan Elemen Api: Teknik Bola Api Besar. Untuk melakukan tehnik ini sangat sulit bahkan untuk Obito dan Sasuke, namun Itachi mampu melakukannya saat pertama kali melihatnya. Anggota Klan Uchiha juga sering menggunakan berbagai alat ninja dalam pertempuran, yang terkenal karena mereka sangat mahir menggunakan shuriken dalam pertarungan.

11. Kuil Nakano: Tempat Rahasia Milik Klan Uchiha


Sharingan dan Uchiha

Kuil Nakano adalah tempat pertemuan bagi anggota Klan Uchiha. Di aula utama Kuil Nakano terdapat sebuah ruangan rahasia yang tersembunyi di bawah tikar tatami ketujuh dari belakang posisi paling kanan yang hanya diketahui oleh Klan Uchiha. Bagian atas dari Kuil Nakano telah hancur setelah Invasi Pain, namun ruangan rahasia tersembunyi di bawah kuil ini tetap utuh. Pada saat Sasuke, Orochimaru dkk datang ke Kuil nakano, terlihat sasuke menggunakan fuinjutsu untuk membuka batu untuk jalan masuk menuju ke ruang monumen batu itu.

12. Prasasti Peninggalan Hagoromo Untuk Klan Uchiha


Dalam ruangan rahasia di Kuil Nakano terdapat sebuah monumen batu (prasasti) yang memuat pesan rahasia dari Rikudou Sennin kepada Klan Uchiha dan hanya dapat dibaca dengan Sharingan, semakin tinggi tingkatan Sharingan maka semakin banyak isi yang dapat dibaca oleh penggunanya. Dimana Mangekyou Sharingan dapat menguraikan isi pesan monumen itu lebih baik dari Sharingan, sementara rinnegan dapat membacanya jauh lebih baik lagi. Hagoromo memberikan peringatan beserta petunjuk kepada keturunan Indra dan ingin mengantisipasi jika nanti terdapat reinkarnasi Indra yang berupaya membangkitkan Rinnegan.

13. Pertengkaran Antar Anggota Klan


Sebagai klan yang mewarisi Kutukan Kebencian, Uchiha sangat rawan mengalami perselisihan bahkan antar anggota Klan Uchiha sendiri. Terutama dalam hal peningkatan level Sharingan sangat sering terjadi pengorbanan dan pertumpahan darah. Seperti kebangkitan Mangekyou Sharingan maka harus membunuh atau melihat kematian temannya sendiri, untuk mendapat Ethernal Mangekyou Sharingan maka pengguna harus mengambil mata saudaranya sendiri.

14. Karakter Antagonis Kuat Banyak Yang Berasal Dari Uchiha


Sharingan dan Uchiha

Uchiha memang dikenal dengan kekuatannya yang luar biasa namun faktanya banyak anggota Klan Uchiha yang justru menjadi karakter antagonis dalam cerita Naruto, sebut saja Obito, Madara, dan Sasuke. Mungkin mereka ditakdirkan memiliki sifat membelot dan mengutamakan balas dendam sehingga rela berubah jahat untuk memenuhi keinginannya.


Itulah tadi 14 Fakta Rahasia Klan Uchiha Yang Jarang Disadari Oleh Navers yang berhasil dirangkum oleh Borutonesia. Semoga bermanfaat.

Click to comment