Anak Dalam Ramalan Ogama Sennin dan Ciri-Cirinya

ogmama sennin, jiraiya, minato, naruto, nagato

Borutonesia.com - Nama Anak dalam Ramalan (Yogen no Ko) merupakan sebutan yang telah dibuat oleh Petapa Kodok Besar atau Ogama Sennin untuk mendeskripsikan anak yang hadir dalam mimpinya. Gamamaru meramalkan bahwa Sang Anak dalam Ramalan merupakan salah satu murid Jiraiya, dialah yang akan membawa sebuah revolusi besar dalam dunia shinobi.

Untuk itu, tindakan Jiraiya akan sangat menentukan apakah revolusi ini akan menjadi sebuah keselamatan dunia atau justru kehancuran dunia. Jiraiya telah diramalkan akan berjalan melintasi dunia sebagai orang bijak dan Jiraiya juga akan menulis sebuah buku dan itulah adalah tindakan Jiraiya yang akan dapat membantu menentukan jalur mana yang dibutuhkan muridnya.

Adapun ciri-ciri anak yang diramalkan adalah:


■ Anak bermata biru yang nakal.
■ Merupakan murid Jiraiya
■ Memiliki potensi kekuatan yang besar
■ Mendapat petunjuk dari buku karya Jiraya

Di antara banyak murid yang dimiliki olehnya, Jiraiya percaya bahwa tiga karakter berikut ini yang ditakdirkan akan menjadi Anak dalam Ramalan tersebut:

Namikaze Minato


Gambar Minato

Jiraiya memiliki sebuah tim genin dan alah satu dari mereka adalah Namikaze Minato. Karena kejeniusan alami yang dimiliki Minato, Jiraiya mengusulkan bahwa Minato yang kelak akan menjadi Anak dalam Ramalan. Minato masih terus mengingat hal tersebut selama beberapa dekade kemudian.

Hingga Serangan Ekor-Sembilan di Konoha terjadi, Minato membuat sebuah kesimpulan sendiri mengenai Ramalan tersebut. Dia memilih percaya bahwa Tobi akan membawa kehancuran bagi dunia, dan Naruto yang akan menyelamatkan dunia dari kehancuran oleh Tobi. Untuk itulah Minato memilih untuk menyegel Kyuubi pada diri Naruto dan mempercayakan kepada Naruto bahwa dia akan mampu menguasai kekuatan Kyuubi dan membantunya menghadapi tantangan besar ini.

Uzumaki Nagato


Gambar Nagato

Saat Perang Dunia Shinobi Kedua bergejolak di Amegakure, Jiraiya bertemu Nagato yang merupakan seorang anak yang memiliki Rinnegan yang selama ini hanya dianggap sebuah dongeng karena Sage Six Path yang merupakan sosok yang dikisahkan telah menyelamatkan dunia pada masa lalu juga memiliki Rinnegan. Jiraiya kemudian percaya bahwa Nagato kini merupakan Anak dalam Ramalan yang baru. Jiraiya kemudian melatih Nagato dan mendorongnya untuk menemukan kedamaian bagi dunia menggunakan kekuatan Rinnegan miliknya.

Uzumaki Naruto


Gambar Naruto

Enam belas tahun berlalu, Jiraiya kembali ke Amegakure untuk menyelidiki pemimpin Akatsuki yang menginginkan kehancuran dunia. Saat Jiraiya mengetahui bahwa Nagato merupakan pemimpin Akatsuki, Jiraiya mencoba untuk membunuhnya sebelum Nagato membuat revolusi menuju kehancuran dunia.

Akan tetapi Jiraiya gagal dan akhirnya tewas di tangan muridnya sendiri, kemudian mengambil kesimpulan yang sama seperti Minato, bahwa Naruto merupakan Anak dalam Ramalan. Jiraiya memilih untuk tidak menyerah sampai akhir dan berjuang dengan sisa tenaganya untuk mengirim petunjuk tentang rahasia Pain kepada Naruto.

Namun pada akhir Invasi Pain ke Konoha, Nagato justru memberikan hidupnya untuk membantu Naruto menemukan kedamaian dunia. Untuk itu Gamamaru menyadari bahwa dirinya dan Jiraiya telah salah menganggap "Anak dalam Ramalan" itu mengacu pada satu individu saja, melainkan juga untuk Nagato dan Naruto yang telah berusaha untuk menyelamatkan dunia.

Saat Perang Dunia Shinobi Keempat berlangsung, Naruto berhasil membebaskan sisa monster berekor dari kontrol Tobi, Kurama menjadi teringat kata-kata terakhir dari Rikudou Sennin tentang seseorang yang akan mampu menyatukan kembali monster berekor dan mengarahkan mereka kembali ke jalan yang benar. Kurama menyatakan bahwa orang yang dimaksud adalah Naruto.