12 Fakta Sakumo Hatake yang Jarang Disebutkan

Gambar Sakumo Hatake

Borutonesia.com - Sakumo merupakan salah satu Jonin elite yang pernah dimiliki oleh Konoha. Posisinya bahkan bisa disandingkan dengan Jonin sekelas Namikaze Minato dan Trio Sennin. Sakumo terkenal di seluruh dunia shinobi sebagai Konoha White Fang. Sebelum akhirnya sebuah tragedi mengakhiri semua pencapaiannya. Kisahnya sangat menarik untuk dikupas, dan berikut ini beberapa kisah menarik yang terdapat selama hidupnya:

1. Filosofi Nama Sakumo

Gambar Sakumo Hatake

Nama Sakumo yang mungkin diambil dari kata "sakumotsu" yang berarti hasil pertanian atau tanaman. Hal ini ternyata berhubungan dengan nama anaknya, Kakashi yang berarti orang-orangan sawah, dan berkaitan dengan nama keluarga mereka, “Hatake” yang berarti tanah pertanian.

2. Istri Sakumo Meninggal Muda

Gambar Sakumo Hatake

Sakumo Hatake merawat Kakashi seorang diri dan istri Sakumo tidak pernah dijelaskan siapa namanya dan bagaimana dia meninggal. Saat mati dalam invasi Pain, Kakashi bertemu ayahnya disini Sakumo sangat menyayangkan bahwa Kakashi mati muda, meski usianya tidak lebih muda dibandingkan saat ibunya meninggal dahulu.

3. Asal Julukan White Fang Konoha

Gambar Sakumo Hatake

Julukan “Taring Putih dari Konoha” disematkan kepadanya karena dia menguasai jutsu yang disebut Hakko Chakra Tou atau Pedang Chakra Putih. Meski hanya jurus pedang biasa, namun uniknya Sakumo Hatake menggunakan Tanto yang dia gunakan untuk menebas lawan-lawannya. Dan pada saat menebas, muncul cahaya atau kilatan putih dari Tantonya, dan itulah yang menjadi dasar dia dijuluki Taring Putih dari Konoha.

4. Baik dan Menghargai Orang Lain

Gambar Sakumo Hatake

Sakumo Hatake adalah orang yang memiliki kepribadian yang baik. Sakumo sangat ramah pada semua orang dan di setiap kesempatan, dia selalu menghargai orang lain tanpa mempedulikan kondisi fisik maupun kasta orang tersebut. Dia juga mengajarkan kepada Kakashi bahwa kita tidak boleh menilai orang sembarangan dan menganggap mereka sebelah mata.

5. Pemerhati yang Baik

Gambar Sakumo Hatake

Dia juga merupakan seorang pengamat yang baik, seperti saat pertama kali melihat Guy kecil yang gagal masuk Akademi Ninja sehingga banyak yang menganggapnya rendah. Tapi Sakumo menyakini bahwa Guy akan menjadi ninja yang hebat dan bisa menjadi rival yang bagus untuk Kakashi. Itu karena dia tahu bahwa Guy telah melewati pelatihan yang sangat keras dari ayahnya, Might Duy. Benar saja, Guy adalah pengguna Taijutsu terhebat yang bahkan bisa membuat Madara Uchiha kewalahan.

6. Pembunuh Orang Tua Sasori

Gambar Sakumo Hatake

Semasa hidupnya Sakumo dikenal sebagai shinobi hebat yang telah membunuh banyak shinobi desa lain yang mencoba melawan Konoha, dan salah satunya adalah orang tua dari Sasori. Sakumo membunuh mereka saat Konoha dan Suna berada dalam konflik. Karena kejadian ini, Sasori dirawat oleh nenek Chiyo dan membuat nenek Chiyo menyimpan dendam besar kepada Sakumo.

7. Kejatuhan Hatake Sakumo

Gambar Sakumo Hatake

Setelah memilih untuk meninggalkan misi untuk menyelamatkan mereka mengakibatkan kegagalan misi. Hal itu menyebabkan Sakumo disalahkan oleh Tanah Api, penduduk desa Konoha, dan bahkan orang-orang yang diselamatkannya. Seakan harga dirinya telah hilang, Sakumo jatuh ke dalam depresi berat hingga akhirnya dia memilih bunuh diri dan meninggalkan Kakashi hidup seorang diri sejak anak-anak.

8. Dampak Kematian Sakumo

Gambar Sakumo Hatake

Kematian Sakumo Hatake yang bunuh diri di rumahnya menciptakan trauma mendalam bagi Kakashi. Sebab dengan kejadian itu membuat Kakashi kehilangan sosok ayah yang baik dan dia sayangi, terlebih lagi ayahnya adaah satu-satunya yang dia miliki di dunia. Trauma ini mendorong Kakashi untuk hidup dengan prinsip hidup yang ketat sesuai dengan Aturan Shinobi, dia mulai mengabaikan semua teman-temannya dan menganggap keberhasilan misi adalah segalanya.

9. Dampak Kepopuleran Sakumo

Gambar Sakumo Hatake

Saking terkenalnya Sakumo, bahkan Daimyo Negeri Api saja sampai senang saat Kakashi mendapatkan promosi menjadi calon Hokage. Alasannya karena Kakashi seperti sang ayah, Sakumo yang dikenal oleh Daimyo karena banyak berjasa bagi Negara Api di masa lalu. Saat para Kage memilih perwakilan Konoha untuk menjadi Komandan aliansi Ninja, Tsuchikage Ketiga juga menaruh kepercayaan tinggi kepada Kakashi karena dia adalah putra dari Taring Putih dari Konoha,

10. Sumber Quotes Paling Fenomenal

Gambar Sakumo Hatake

Semua pasti pernah mendengar Quotes “Ninja yang meninggalkan misi adalah sampah, namun Ninja yang meninggalkan temannya lebih buruk dibanding sampah.” bukan?

Quotes ini diucapkan oleh Obito yang terinspirasi dari kisah Sakumo yang lebih mementingkan teman daripada misi. Dan saat Kakashi memilih mementingkan misi, Obito membuat Kakashi mengerti dengan prinsip ini dan membuat Kakashi menyadari bahwa tindakan ayahnya adalah benar.

11. Warisan Sakumo Kepada Kakashi

Gambar Sakumo Hatake

Sebelum meninggal dia memberikan Tanto pada Kakashi, selain itu Kakashi juga mewarisi rambut putih dan elemen petir seperti Sakumo. Karena itu dia sering dianggap Konoha White Fang (Konoha no Siroi Kiba) terlebih lagi karena Kakashi memakai masker. Bahkan karena hal tersebut, Ninja dari desa Iwa sempat takut saat melihat Kakashi. Kemudian ada nenek Chiyo yang mencoba untuk menyerang Kakashi dua puluh satu tahun kemudian akibat dendam kepada Sakumo. Lagi-lagi mereka salah mengira bahwa Kakashi dengan sang ayah.

12. Penantian Pengampunan Sakumo

Gambar Sakumo Hatake

Selama bertahun-tahun, Sakumo tinggal di limbo untuk menunggu hari dimana dia mendapat kesempatan untuk bisa mendapat pengampunan dari anaknya. Dan dalam momen pertemuannya dengan Kakashi saat invasi Pain, Kakashi memaafkannya. Dengan itu akhirnya Sakumo bisa tenang danbisa bertemu dengan istrinya di akhirat. Sakumo juga masih ada beberapa hal yang ingin dia sampaikan ke Kakashi, namun sayang belum sempat dia sampaikan, padahal itu adalah momen yang tepat.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai Sakumo Hatake, sang Konoha no Siroi Kiba yang sekaligus merupakan ayah dari Kakashi Hatake. Lalu bagaimana menurutmu? Apakah kamu menyukai kisah karakter ini? Tulis pendapatmu pada kolom komentar, ya!

Click to comment